Selasa, 26 Oktober 2010

Peppermint OS: satu lagi turunan Ubuntu yang beralih ke Chromium Browser

Dengan penerbitan edisi Peppermint OS Ice, tim pengembang Peppermint-OS telah menambahkan satu varian lagi dari sebuah distribusi ringan yang terutama ditargetkan untuk penggunaan daring di awan (cloud). Sebagai aplikasi peramban digunakan browser Chromium, yaitu versi bebas Chrome besutan Google sebagai pengganti Mozilla Firefox.

Untuk penerapan di Peppermint OS Ice pengembangnya Kendall Weaver telah melakukan penyesuaian pada browser buatan Google ini di fitur Site Specific Browser (SSB) dan membersihkan menu dan batang status. Situs dibuka langsung di masing-masing jendela tersendiri seolah menjalankan sebuah aplikasi.

Sebagai modal awal, Peppermint Ice telah menyertakan beberapa contoh SSB seperti untuk portal multimedia Youtube, LastFM dan layanan Google seperti untuk Kalender, Dokumen dan Mail. Pengguna dengan mudah dapat menambahkan situs kesayangannya sebagai SSB.

Desktop gerak cepat ini menggunakan Lightweight X Desktop Environment (LXDE) sebagai lingkungan desktop berikut semua aplikasi tambahannya seperti pengelola berkas PCManFM 0.9.7. Ia dibangun berdasarkan Lubuntu dan mengemas alat-alat bantu yang disediakan untuk Lubuntu disamping sebagian juga berasal dari GNU/Linux.

Rencana Peppermint Ice berikutnya disebutkan akan menggabungkan beberapa layanan dari Google termasuk Google Cloud Print. Pengembangnya mengklaim Peppermint OS Ice sebagai sebuah produk Cloud-Source dan menerbitkan media LiveCD yang dapat ditanamkan di harddisk secara permanen.



Bagi Yang Ingin mencoba Distro ini, buruan beli Info Linux Edisi Juli. Karena DVD 8GB-nya menyertakan Distro ini beserta Distro PCLINUXOS loh. Kalau kehabisan, silahkan di cek di Baliwae karena mereka juga menjual majalah Info Linux dan juga Live-DVD/CD-nya juga … Namun bagi yang “kaya” akan Benwit yah monggo donlot di sini