Kamis, 07 Oktober 2010

Google Luncurkan Google Maps Versi Indonesia

Hari ini, 6 Oktober 2010 Google meluncurkan Google Maps Indonesia. Sebuah platform pencarian lokal yang membantu pengguna di Indonesia untuk menemukan informasi geografis lokal, seperti peta online, citra satelit, panduan arah berkendara, alamat dan daftar perusahaan melalui PC atau ponsel.

Platform geografis kolaboratif ini juga memungkinkan pengguna, perusahaan dan pengembang untuk menciptakan peta mereka sendiri untuk berbagi informasi tentang tempat-tempat di Indonesia seperti yang dirasakan warga lokal. Google Maps Indonesia dapat diakses di http://maps.google.co.id.

Selain sebagai sumber informasi lokal yang lengkap dan mudah digunakan, yang meliputi jalan, alamat dan ratusan ribu perusahaan di seluruh Indonesia, Google Maps juga dapat menampilkan konten yang diciptakan oleh pengguna dalam bahasa Indonesia dan bahasa lainnya. Dengan begitu, baik warga lokal maupun pendatang dapat ikut menyumbangkan konten, baik berupa teks, foto, dan video. Alhasil, selain kualitas peta online semakin meningkat, peta online pun semakin lengkap dan familiar bagi pengguna di Indonesia.

Pada layanan tersebut tersedia pula fitur Google Maps for Mobile, yang memperluas kemampuan Google Maps Indonesia bagi pengguna ponsel. Sehingga masyarakat Indonesia dapat mencari alamat dan menemukan arah ketika sedang bepergian. Google Maps for Mobile juga memiliki fitur unik yang disebut My Location. Fitur tersebut mampu menunjukkan lokasi Anda di peta, bahkan ketika ponsel tidak memiliki GPS dan membantu Anda mencari arah serta daftar perusahaan yang berada di sekitar lokasi Anda.

Google Maps for Mobile kini tersedia dan dapat diunduh secara gratis dalam beragam ponsel di http://m.google.co.id/maps. Google Maps for Mobile juga sudah terinstal dalam banyak ponsel yang mendukung akses internet seperti handset Android, iPhone dan Blackberry.