Sabtu, 09 Oktober 2010

Genre Dance Akan Jadi Raja Baru Dunia Musik

Ubisoft percaya bahwa sekarang ini game tari menari sedang mengalami penanjakan dalam game bergenre musik dan sebentar lagi akan segera melampaui game-game seperti Rock Band dan Guitar Hero, paling cepat awal tahun depan.

Just Dance untuk Wii, yang telah dirilis pada bulan November 2009, sampai sekarang masih tetap menjadi salah satu game terlaris untuk konsol tersebut. Bahkan sang publisher baru saja mengungkapkan bahwa sejauh ini, game tersebut telah berhasil terjual lebih dari empat juta unit di seluruh dunia.

"Dance merupakan raja yang baru dalam kategori musik," kata Tony Key, Sr. VP of Sales and Marketing di Ubisoft. "Ini akan menjadi sebuah genre yang besar, seberapa besar? Kami tidak tahu, tapi saya tidak akan terkejut apabila tahun depan, Just Dance akan menjelma menjadi sebuah game yang besar seperti Guitar Hero di masa puncaknya dalam hal berapa banyak game yang terjualnya."

Sang publisher juga berencana untuk merilis Just Dance 2, Just Dance Kids dan Michael Jackson: The Experience untuk Wii di akhir tahun ini. Key sama sekali tidak khawatir dengan pangsa pasar yang akhir-akhir ini memang menjadi sangat ramai dengan sangat teramat cepat.

"Saya rasa pasaran yang ada untuk Wii sekarang ini tidak terlalu ramai, tapi kami tidak tahu seberapa besarnya kategori yang satu ini," jelasnya. "Penjualan dari Just Dance itu sendiri telah mengejutkan kami."

"Saya rasa masih ada banyak ruang untuk lebih banyak lagi judul, tapi kita sudah punya dua judul terbesar yang ada di genre ini, jadi apabila memang benar-benar besar, yang mana menurut saya memang sangat besar, maka kita akan baik-baik saja."

Just Dance 2 dilaporkan siap untuk dirilis minggu depan dan di dalamnya dilaporkan terdapat lagu terbaru dari Katy Perry, Firework yang nantinya bisa kamu download secara gratis. Key mengatakan bahwa walau pemilik Wii rata-rata tidak terlalu banyak yang melakukan download konten tambahan secara online, tapi sang publisher memperkirakan akan adanya ratusan ribu download untuk lagu tersebut.

"Rata-rata para gamer Wii yang ada bukanlah gamer yang selalu terhubungkan ke internet, tapi Nintendo tidak setuju," katanya. "Kita akan melihat kenyataannya dengan lagu terbaru ini, kita benar-benar punya konten yang hebat, sebuah game yang cukup ternama dan kita akan menjajakannya di luar sana dan lihat seberapa banyak orang yang akan men-downloadnya."

Key juga mengindikasikan akan adanya lebih banyak lagi lagu yang akan tersedia untuk game tersebut di masa mendatang. "Ini merupakan sebuah indikasi bahwa Just Dance 2 telah membuat dirinya menjadi sebuah game yang bisa menerima downloadable content untuk Wii dan kami pasti akan mencoba menjajaki kemungkinan untuk menambahkan lebih banyak lagi lagu di dalamnya."

Michael Jackson: The Experience sendiri akan diluncurkan untuk Kinect dari Xbox360 dan PlayStation Move dari Sony di awal tahun. Key mengatakan bahwa walau ini merupakan sebuah hal yang sangat masuk akal untuk membawa Just Dance ke platform tersebut, tapi sang publisher ingin menjajaki kemungkinan yang ada sebelum melangkah lebih jauh lagi.

"Sekarang ini kami sedang menyaksikannya. Tapi pengalaman bermain di Wii benar-benar sempurna," jelasnya lagi. "Tampaknya ini menjadi sebuah hal yang alami untuk sistem tersebut, jadi ini akan menjadi sebuah pengalaman bermain yang berbeda dan ini merupakan sesuatu yang kami harapkan bisa menjadi sebuah bahan pembelajaran dengan perilisan Michael Jackson di Kinect." (KotakGame)




 
 
kotakgame