Rabu, 06 Oktober 2010

Google Akuisisi BlindType, Keypad Virtual yang Tak Butuh Akurasi

Komunikasi via SMS bisa dibilang sebagai media komunikasi termurah yang bisa dilakukan lewat ponsel. Hanya saja, untuk menikmati sarana tersebut terkadang pengguna merasa ‘malas’, dikarenakan harus melakukan aktivitas ketik-mengetik pesan tersebut. Terlebih jika pesan yang akan dituliskan sangat panjang.

Terkait hal tersebut, Google dikabarkan telah mengakuisi BlindType, aplikasi keyboard virtual untuk perangkat layar sentuh. Hal tersebut sebagaimana dilansir di situs resmi Blindtype,di mana pihaknya mengkonfirmasi bahwa perusahaannya kini telah diakusisi oleh Google.

Sebagai informasi, Blindtype merupakan pengembang aplikasi pengetikan virtual yang bermarkas di San Francisco. Meski blindtype hingga kini masih pada tahap inovasi, namun kedepannya, dengan adanya akuisisi oleh Google, mengisyaratkan jika suatu nanti teknologi ini bakal diadopsi di ponsel-ponsel Android.

Berbekal teknologi Blindtype, pengguna dimungkinkan melakukan akses mengetik secara cepat di layar ponsel, tanpa harus memperhatikan keakurasiannya. Nantinya, teknologi BlindType bakal mampu mengenali posisi huruf yang diketik dan kemudian menterjemahkannya ke dalam teks secara benar. Tentu saja ini membutuhkan data base yang besar. Jadi, misalnya kita mengetik ‘Rgod’ maka kemudian akan diterjemahkan menjadi ‘this’. Wew ..suatu teknologi yang menarik.

Jika benar BlindType bakal dibenamkan dalam ponsel Android versi mendatang, maka bisa dibayangkan akses mengetik pengguna Android bisa lebih cepat dan nyaman. Tak kalah dengan iPhone, meski tingkat akurasi dan responnya terhititung lebih oke produk garapan Apple tersebut.

Sampai saat ini belum diketahui kapan teknologi BlindType akan dijejalkan di ponsel Android. Moga saja cepat terwujud.