Rabu, 06 Oktober 2010

Dick Costolo, Calon CEO Twitter yang Baru

Siapa tak kenal Twitter? Yang kini telah menjadi alat komunikasi popular di kalangan selebriti, politisi dan pebisnis. Portal jejaring sosial ini dibuat pada tahun 2006, oleh Williams, Biz Stone dan Jack Dorsey.

Dorsey merupakan CEO pertama Twitter, yang kemudian digantikan oleh Williams di tahun 2008. Kala itu, perusahaan tersebut menyepakati bahwa Williams adalah pilihan terbaik untuk mengelola twitter, dalam rangka menuju fase pengembangan kedepannya.

Selama masa jabatan Williams, staf perusahaan Twitter telah berkembang pesat, dari 20 personil menjadi 300 orang. Sedangkan, pengguna twitter sendiri tercatat melonjak tajam, dari sebelumnya cuma 3 juta pengguna menjadi 165 juta pengguna.

Dan kini, menurut informasi yang PULSAonline kutip dari Reuters, menyebutkan bahwa Evan Williams bakal menyerahkan tampuk pimpinan perusahaan (CEO) yang bermarkas di San Fransisco ini kepada Dick Costolo. Costolo sebagaimana disebutkan, merupakan salah satu arsitek dari portal twitter.

Costolo mulai bergabung dengan Twitter bulan September 2009, dan menjabat sebagai Operating Officer. Costolo pernah memiliki perusahaan berbasis internet “FeedBurner, yang kemuadian dijualnya kepada Google Inc. di tahun 2007.

Nantinya, Williams bakal mengarahkan Costolo untuk fokus pada strategi produk dan efektivitas. Rencananya, pengumuman resmi dari alih tuga CEO Twitter ini bakal ditampilkan di blog resmi perusahaan hari senin mendatang.